Senin, 24 Desember 2012

TIP MEMILIH MADU BERKUALITAS




Intisari-Online.com - Tidak semua madu memiliki kualitas yang unggul, hanya beberapa yang memiliki kadar gizi yang baik dan dapat memberi nilai lebih ketika kita konsumsi. Berikut ini merupakan tips untuk memilih madu yang berkualitas dari sekian banyak produk madu yang dijual di pasaran.
Madu memang memiliki ratusan khasiat bagi tubuh. Namun seringkali kita kebingungan dalam memilih madu yang berkualitas untuk dikonsumsi karena madu juga memiliki berbagai macam jenis dan kandungan gizi yang berbeda dalam setiap mililiternya.


Memang memerlukan uji laboratorium untuk mengetahui standar kualitas pada madu yang dijual di pasaran. Akan tetapi kita juga dapat melihat kualitas madu secara sederhana tanpa uji laboratorim. Berikut ini adalah saran-saran memilih madu yang berkualitas yang baik dikonsumsi oleh tubuh:

+Kandungan air rendah.
Madu berkualitas baik memiliki kandungan air yang rendah. Jika kandungan air melebihi 19%, madu akan cepat terfermentasi dan kurang segar. Salah satu cara sederhana untuk melihat kuantitas air dalam madu dengan cara membalikkan botol madu.
Ambil 2 botol madu yang berbeda (beda produksi). Kemudian balikkan kedua botol madu. Lihat gerakan gelembung air dalam kedua botol madu tersebut. Jika gelembung air cepat naik, artinya madu lebih banyak mengandung air, kurang berkualitas.

+Kandungan serbuk sari.
Madu berkualitas baik terlihat bersih, bebas bahan-bahan lain. Pada beberapa jenis madu biasanya masih terdapat sisa serbuk sari sehingga akan menyebabkan madu berwarna kelabu, menandakan kualitas yang buruk
.
+Berwarna gelap.
Warna madu memang tidak selalu menjadi petunjuk kualitas madu. Namun, warna yang semakin gelap diyakini memiliki kandungan mineral seperti potasium, sulfur, besi, mangan yang semakin tinggi.
Jadi, apakah madu di rumah Anda sudah berkualitas? (Berkat Madu, Sehat, Cantik dan Penuh Vitalitas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar