Senin, 26 November 2012

MANFAAT KISMIS

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau diolah lagi sebagai bahan pada aneka resep masakan. Rasanya sangat manis dan berwarna hitam atau kuning kecokelatan. Kismis banyak digunakan sebagai menu diet untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

Kismis pertama kali diproduksi di Yunani dari anggur hitam kecil. Kemudian, seiring waktu, kismis berkembang hingga ke daratan Eropa hingga menjadi makanan populer di dunia. Bahkan di Amerika, kismis populer sebagai makanan pelengkap sereal atau oatmeal. Sedangkan di Indonesia, kismis lebih banyak dikonsumsi sebagai kudapan atau bahan makanan dengan olahan lainnya.

Manfaat bagi Kesehatan:
Menurut penelitian dari Amerika, kismis mengandung senyawa yang dapat melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi. Kandungan antioksidan alami berupa oleanolic acid yang dimilikinya mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut dan melindungi gigi dari pembusukan, karang gigi dan sebagainya. Manfaat kismis lainnya bagi kesehatan adalah seratnya yang tinggi berguna dalam mengatasi konstipasi. Zat besi dan vitamin B kompleks pada kismis juga dapat membantu perawatan bagi penderita anemia. Bukan hanya itu, kismis juga dapat berkhasiat mencegah tumor dan kanker kolon dengan kandungan antioksidan catechin-nya.

Kreasi masakan yang menggunakan kismis:
Cake kismis coklat, Puding kismis, Cake tape kismis, Brownis kacang kismis.


source: http://anekakuliner.com/tips-kuliner/kismis.html

1 komentar: